Monday, February 12, 2007

Tips menghemat pulsa telepon

Penggunaan pulsa telepon khususnya untuk hubungan jarak jauh/ SLJJ sangat mahal. Apalagi pada siang hari. PSTN menerapkan tarif 125 % lebih mahal. Untuk mensiasati agar pulsa tidak terlalu tinggi bisa dengan memanfaatkan selular bebar roaming untuk berkomunikasi. Tetapi ini bisa diterapkan untuk keluarga atau yang mobilitasnya tinggi.

Misalnya, jika bertempat tinggal di Jakarta, mempunyai keluarga (istri, anak) di Surabaya gunakan saja selular bebas roaming (sekarang ini hampir semua produk pra bayar sudah bebas roaming). Berikan nomor selular yang home base nya Jakarta kepada keluarga di Surabaya. Gunakan telepon PSTN (Flexi, Telkom, Ratelindo) dari Jakarta untuk menghubungi nomor selular yang telah diberikan pada keluarga. Dengan cara ini maka akan dikenakan pulsa lokal oleh provider PSTN karena memang yang dihubungi nomor Jakarta dari Jakarta.

Catatan : Jangan menghubungi dari wartel, karena umumnya wartel menerapkan tarif yang sama untuk seluruh nomor selular baik nomor lokal maupun nomor non lokal yaitu sebesar tarif tertinggi hubungan SLJJ ke nomor selular.

No comments: